Raudhatul athfal (RA) merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan kementrian agama (kemenag) yang memiliki sistem pengajaran dengan nilai-nilai ke-Islaman. Nilai-nilai ke Islaman menjadi karakter bagi peserta didik dalam pembelajaran muatan lokal yang mendasari pelaksanaan pendidikan nilai karakter religius dan bagaimana proses pelaksanaan pendidikan nilai karakter religius di madrasah tersebut. Metode penelitian dengan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Partisipan penelitian adalah seorang kepala sekolah, seorang guru, dan dua perwakilan dari orangtua. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) landasan filosofis pendidikan karakter di RA yang dituangkan dalam pembelajaran lokal; 2) proses pelaksanaan pendidikan karakter di RA melalui empat tahapan yang meliputi: pembiasaan praktek ibadah, hafalan, pembiasaan baca iqro, jum’at berkah.
Copyrights © 2023