Journal of Comprehensive Science
Vol. 2 No. 8 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Pengembangan E-Modul Untuk Pembelajaran Tata Rias Geriatri Pada Siswa Kelas Xi Tata Kecantikan Smkn 27 Jakarta

Febrina Hidajatulloh, Audrey (Unknown)
Puspa Arum, Aniesa (Unknown)
Hidayah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Pengembangan E-Modul Tata Rias Geriatri pada penelitian ini menggunakan aplikasi Figma. Aplikasi Figma merupakan aplikasi yang berbabsis web link.. Penelitian ini berangkat dari permasalahan keterbatasan sumber belajar pada kelas XI Tata Kecantikan SMKN 27 Jakarta pada materi Tata Rias Wajah Geriatri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pada pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan, yaitu : (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan instrumen kuisioner yang disebarkan kepada ahli materi, ahli media, 5 peserta small group test, 25 peserta field group test kelayakan dan kepraktisan produk. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji coba ahli materi ke-1 tahap satu ialah 56% dan tahap dua 86%, uji coba ahli materi ke-2 tahap satu ialah 81% dan tahap dua 94%, uji coba ahli media tahap satu ialah 60% dan tahap kedua 73%. Kemudian peneliti juga melakukan uji coba kepada kelompok kecil dengan meraih persentase sebesar 79,2% dan pada uji lapangan memperoleh hasil 84,28%. Berdasarkan penilaian tersebut, produk e-modul untuk pembelajaran tata rias wajah geriatri sudah valid, layak digunakan dan praktis sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...