Pendahuluan: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan keperawatan dan dipengaruhi salah satunya oleh pelayanan keperawatan (Biologis, Psikologis, Sosial, Spiritual). Angka kepuasan pasien di beberapa Negara termasuk Indonesia masih rendah. Di RSUD Dr. H. Abdoel Moeloek tahun 2015 kepuasan pasien hanya berada pada angka 40%. Tujuan: untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di ruang rawat inap dewasa RSUD Dr. H. Abdoel Moeloek. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, desain penelitian analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini telah dilaksanakan di ruang rawat inap dewasa RSUD Dr. H. Abdoel Moeloek pada bulan April 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 orang. Hasil: Hasil penelitian terdapat hubungan antara pemenuhan kebutuhan fisik dengan kepuasan pasien nilai p-value = 0,045 (p<0,05), ada hubungan antara pemenuhan kebutuhan psikologis dengan kepuasan pasien nilai p-value = 0,013 (p<0,05), ada hubungan antara pemenuhan kebutuhan sosial dengan kepuasan pasien nilai p-value = 0,019 (p<0,05), ada hubungan antara pemenuhan kebutuhan spiritual dengan kepuasan pasien p-value = 0,043 (p<0,05). Kesimpulan: Diharapkan pihak manajemen RS menyelenggarakan seminar dan pelatihan tentang pelayanan keperawatan, untuk meningkatkan kemampuan perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan secara holistik dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2023