Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 2 (2023)

Pemanfaatan Smart Library (E-Perpus) bagi sekolah di Kota Bandung

Indrayani, Indrayani (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Hidayati, Dian (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Indonesia sampai dengan 2022 masih mengkhawatirkan dalam hal minat membaca masyarakatnya. Buku belum ditempatkan sebagai benda penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor penyebab rendahnya minat membaca ialah minimnya ketersediaan media yang menarik. Di era digital ini, dibutuhkan media membaca yang juga digitalize. Sebagai alternatif solusinya, di sejumlah sekolah Kota Bandung tersedia aplikasi perpustakaan digital atau perpustakaan elektronik, salah satunya Smart Library. Penelitian ini berusaha mengungkap pemanfaatan aplikasi tersebut di sekolah Kota Bandung, terutama untuk meningkatkan minat baca guru-gurunya. Dengan mengetahui strategi pemanfaatan aplikasi tersebut, sekolah-sekolah lain bisa menjadikannya sebagai model aplikasi alternatif perpustakaan digital. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat baca guru di sekolah Kota Bandung yang menggunakan Smart Library. Peningkatan ini dipicu juga oleh pengadaan program literasi sekolah yang memanfaatkan manajemen sistem informasi yang sudah ada pada admin Smart Library. Sejumlah guru yang masih sungkan untuk menggunakan Smart Library terkendala oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya ialah rendahnya kepiawaian guru-guru yang berusia sepuh untuk membaca melalui media gawai. Faktor eksternalnya, mereka merasa tersibukkan oleh aktivitas administrasi kelas sehingga luput untuk membaca. Adanya media membaca tidak serta merta bisa meningkatkan minat membaca tanpa program literasi sekolah yang menarik dan motivasi yang kuat serta pengawasan yang ketat dari manajemen sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...