PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS

Hanifah Wardatul Jannah (Universitas Mataram)
Nurul Kemala Dewi (Unknown)
Arif Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Leraning Tipe Group Investigation berbantuan media Gambar terhadap pemahaman konsp IPS siswa kelas IV di SDN 2 Gerung Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 2 Gerung Utara yang berjumlah 53 siswa. Design penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Tipe Noneequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui pemahaman konsep IPS yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sampel T-Test pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) data posttest 0,022 Ë‚ 0,05 yang menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation berbantuan media gambar berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di SDN 2 Gerung Utara .

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...