PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

FENOMENA BULLYING DAN SIBLING SISWA SEKOLAH DASAR

Sri Wasito (Yogyakarta State University)
Puji Yanti Fauziah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Bullying adalah fenomena yang marak terjadi pada pelajar termasuk siswa sekolah dasar. Perilaku agresif yang dilakukan oleh teman sebaya baik di sekolah dan kelas perlu di arahkan menjadi kegiatan positif dan pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi fenomena bullying di sekolah dan di rumah anak usia sekolah di kabupaten Wonogiri. Penelitian ini kuantitatif deskriptif. Tempat penelitian di SDN 1 Gondang dan SDN 1 Bakalan Kecamatan Purwantoro. Sample diambil secara simple random sejumlah 86 siswa. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan di analisis dengan uji univariat. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden laki-laki (51,2%) dengan usia terbanyak adalah 12 tahun. Bullying fisik, verbal, dan psikis terjadi di sekolah lebih banyak daripada di rumah. Cyberbullying terjadi dengan media WA dengan peningkatan kasis setelah pembelajaran daring. Pelaku bullying dilakukan oleh teman sebaya dengan waktu saat istirahat di sekolah dan saat bermain di halaman / lingkungan di rumah. Sibling dilakukan oleh saudara kandung yaitu kakak atau adik di ruang keluarga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...