PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 3 (2023): September 2023

KARAKTERISTIK ORANGTUA BERDASARKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Asih Kurnia (Universitas Negeri Yogyakarta)
Puji Yanti Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik orang tua siswa berdasarkan perolehan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI sekolah dasar yang berjumlah 23 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 11 dan siswa perempuan sebanyak 12 siswa. Analisis data diambil dari hasil nilai raport akhir tahun dengan membagi kelompok hasil belajar. Dari beberapa karakteristik orang tua yang dianalisis berdasarkan pengelompokkan hasil belajar ditemukan bahwa rata-rata siswa yang memiliki hasil belajar tinggi adalah mereka yang orang tuanya memiliki pendidikan SMA dengan pekerjaan sebagai wiraswasta dan  rentang usia orang tua berkisar antara 41 – 55 tahun. Pada kategori hasil belajar rendah, pendidikan orang tua didominasi pada lulusan SMA dengan pekerjaan menjadi buruh dan rentang usia orangtua berkisar 46-55 tahun. Untuk kategori hasil belajar rendah lebih dominan pada latar belakang pendidikan orangtua pada jenjang SMP dan SMA dengan pekerjaan sebagai buruh dan karyawan, serta rentang usia orang tua yang masih produktif pada kisaran 41- 45 tahun. Dalam hal ini perlunya keterlibatan orang tua dalam proses belajar, dengan demikian orang tua hendaknya memberikan waktu luang kepada anak-anak untuk membersamai mereka dalam belajar dan membangun hubungan kedekatan orangtua dan anak sehingga terjalin motivasi yang kuat kepada anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...