Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1: Agustus 2023

Evaluasi Metode Penilaian dalam Pendidikan Islam dalam Upaya Meningkatkan Ketepatan dan Objektivitas Penilaian Siswa

Yusuf, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi metode penilaian yang digunakan dalam pendidikan Islam dengan fokus pada upaya meningkatkan ketepatan dan objektivitas penilaian siswa. Evaluasi metode penilaian dalam pendidikan Islam merupakan sebuah upaya penting untuk meningkatkan ketepatan dan objektivitas penilaian siswa. Dalam konteks ini, isu umum yang perlu diatasi meliputi ketidakjelasan kriteria penilaian, ketidakpastian dalam memberikan skor, dan subjektivitas penilaian guru. Metode penelitian yang digunakan adalah library research atau studi pustaka, metode ini dilakukan dengan cara identifikasi topik penelitian, perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, seleksi literatur, analisis literatur, dan juga sintesis literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variasi metode penilaian yang digunakan dalam pendidikan Islam, termasuk tes tulis, lisan, dan praktik. Namun, perlu adanya standar penilaian yang jelas dan objektif untuk meningkatkan ketepatan penilaian siswa. Dalam konteks ini, penggunaan rubrik penilaian dan pengembangan instrumen penilaian yang valid dan reliabel dapat menjadi solusi untuk meningkatkan objektivitas penilaian siswa dalam pendidikan Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sasana

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Bangun Harapan Bangsa. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang Pendidikan Islam. ...