Buhuts Al Athfal : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Vol 3, No 1 (2023)

Kemampuan Berhitung Anak 4-5 Tahun Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Loosepart

Dea Meideana Haristiaputri (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Nika Cahyati (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Peningkatan kemampuan mengenal bilangan dan berhitung pada anak usia prasekolah sangat penting karena kemampuan ini merupakan kemampuan awal yang nantinya berguna pada kehidupan sehari-hari. Mengingat masih banyak ditemui anak yang masih kurang dalam mengenal bilangan dan berhitung maka perlu segera diatasi melalui model pembelajaran Make a Match dengan media Loose Part yang bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan bagaimana peningkatan kemampuan berhitung anak melalui model Make a Match dan media Loose Part. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Mc Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus satu ke siklus berikutnya yang setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini peserta didik TK Bina Putra yang berjumlah 10 anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai peningkatan kemampuan berhitung melalui media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Bina Putra dari hasil data persentase siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 50,6% , siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 70,4% , siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 90,8%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I, siklus II, siklus III sudah terjadi peningkatan, dengan demikian dinyatakan bahwa dengan penggunaan media loose part dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Bina Putra.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alathfal

Publisher

Subject

Arts Education Health Professions Other

Description

Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, ...