Fenomena rendahnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi mengelola pembelajaran di PAUD secara mandiri terjadi di sebagian besar lembaga PAUD. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan dan motivasi guru PAUD untuk menggunakan TIK sehingga membutuhkan banyak bimbingan dan pendampingan dalam memanfaatkan TIK sebagai alat bantu mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang pembelajaran di PAUD. Subyek yang digunakan meliputi 33 kepala sekolah dan 33 guru PAUD di Kota Yogyakarta dengan sampel sebesar 15% dari 222 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dan checklist. Pengintegrasian TIK dalam pembelajaran di PAUD dipengaruhi oleh terbatasnya penguasaan guru untuk memahami dan kecakapan dalam aspek pemanfaatan personal computer serta jaringan nirkabel, terbatasnya semangat guru dalam melaksanakan transformasi yang menggabungkan penggunaan TIK terhadap pembelajaran dalam kelas, serta terbatasnya sarana dan prasarana TIK dalam mendukung pembelajaran.
Copyrights © 2023