Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023)

Pencegahan Kekerasan pada Anak Usia Dini melalui Metode Prompts berbasis nilai Religius

Asroful Kadafi (Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun)
Noviyanti Kartika Dewi (Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun)
Silvia Yula Wardani (Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun)
Beny Dwi Pratama (Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun)
Suharni Suharni (Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun)
Swasti Maharani (Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Kekerasan yang terjadi pada anak dapat mempengaruhi perkembangan anak, baik pada aspek akademik maupun non akademik. Berdasar permasalahan tersebut, maka penting untuk dilakukan upaya pencegahan terjadinya kekerasan pada anak usia dini. Upaya pencegahan dapat diupayakan melalui pendekatan yang tepat dan juga memperhatikan aspek religi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Prompts berbasis nilai religi untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test design. Hasil penelitian menjukan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai pre-test dan post-test atau menunjukan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang kekerasan yang berdampak pada kemampuan siswa untuk menghindari tindakan kekerasan pada dirinya yang Berkembang Sesuai Harapan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan pada sekolah lain terutama intervensi untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak maupun penelitian selanjutnya terkait kekerasan pada anak sesuai kebutuhan siswa dan memperhatikan nilai religius. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...