Di era modern ini, banyak anak yang tumbuh dalam lingkungan yang serba praktis dan instan. Hal ini menyebabkan anak-anak menjadi kurang terlatih dalam bertanggung jawab atas diri sendiri. Penelitian ini hendak meneliti hubungan komunikasi orang tua anak dan pembentukan kemandirian pada siswa boarding school dan non-boarding school, dengan cara menguji hubungan komunikasi orang tua anak dengan kemandirian anak. Penelitian ini melibatkan 54 siswa boarding school dan 118 siswa non-boarding school. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode korelasional yang penelitian dilakukan pada populasi atau sampel tertentu dengan menggunakan alat ukur Kuesioner Komunikasi Orang Tua Anak dan Kuesioner Kemandirian yang dilakukan validasi dengan pearson product-moment correlation coefficient dan reabilitas menggunakan alpha cronbach. Hasil penelitian dari uji korelasi pearson product moment menunjukkan hubungan antara orientasi percakapan dan kemandirian anak berhubungan secara signifikan, sedangkan hubungan orientasi konformitas dan kemandirian anak hanya satu yang menunjukkan hubungan secara signifikan. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan antara pola komunikasi orang tua anak dan pembentukan kemandirian anak yang bersekolah di boarding school dan non-boarding school.
Copyrights © 2023