Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 14, No 2 (2023): SEPTEMBER 2023

Analisis Tingkat Perbedaan Multirepresentasi Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Topik Interferensi

Sukma, Melani Dyah Ayu (Unknown)
Febriani, Yuliana (Unknown)
Setiaji, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat multirepresentasi siswa pendidikan fisika calon guru pada materi interferensi baik siswa S1 putra maupun putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan adalah 24 mahasiswa S1 jurusan pendidikan fisika sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda dan soal isian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda dan isian guestions yang terdiri dari representasi verbal, gambar, dan matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis CRI (Certainty of Response Indeks) dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat multirepresentasi pada mahasiswa S1 putra dan putri calon guru fisika pada topik interferensi.Kata kunci: Multirepresentasi, Interferensi, Kategori Representasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...