Pemecahan masalah masih menjadi topik pembahasan setiap hari ketika dihadapkan dengan sebuah masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan prosedur Polya. Dilihat dari tahap memahami, merencanakan, melakukan perencanaan, sampai pemeriksaan ulang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Peminatan IPA MAN WKB. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan tes kemampuan pemecahan masalah siswa dikategori cukup dan tes wawancara pada beberapa siswa dikategorikan cukup. Terdapat faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi yaitu: 1) siswa belum sepenuhnya memahami konsep materi yang diajarkan; 2) siswa belum paham strategi penyelesaian; 3) siswa tidak melakukan pengecekan kembali; 4) siswa kurang motivasi belajar dan kepercayaan diri dalam mengerjakan soal.
Copyrights © 2023