COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 5 (2023)

Penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) dengan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan Siswa kelas II

Ruri C. Hetiawati (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
Agni Muftianti (Unknown)
Muhammad Rizal Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Keterampilan menulis permulaan menjadi suatu keahlian mendasar yang esensial dalam proses belajar menulis pada tingkat yang lebih lanjut. Hal ini menjadi modal penting bagi siapa pun yang ingin mengoptimalkan perkembangan kemampuannya dalam menulis. Kurangnya semangat dan motivasi baik dari guru maupun siswa sering menjadi hambatan utama dalam proses pembelajaran menulis. Dalam penelitian ini, digunakan metode campuran atau mix method. Penelitian ini dilakukan di kelas II dengan jumlah siswa 18 orang dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis permulaan siswa dari hasil pre-tes dan postes, dengan rata-rata 71.59% yang masuk dalam kategori tinggi. Kendala yang dihadapi siswa adalah kurangnya kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat, namun dapat diatasi dengan memberikan tanya jawab sebagai bentuk latihan yang mendorong kemampuan berpikir, ingatan, keberanian, keterampilan menjawab, dan ekspresi pendapat. Guru menghadapi kendala dalam penerapan metode struktural analitik sintetik dengan media kartu kata karena membutuhkan waktu dan kreativitas dalam pembuatannya. Namun, respon guru terhadap metode ini secara keseluruhan positif. Solusinya adalah membuat media pembelajaran kartu kata yang sederhana, cepat, dan dapat diakses melalui referensi online untuk mempermudah penggunaannya dalam pembelajaran menulis permulaan siswa kelas II. Kata Kunci: Keterampilan menulis permulaan, Struktural Analitik Sintetik, Siswa kelas II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...