Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan yang menunjukkan guru kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pratikum dikarenakan kurang tersedianya alat dan bahan yang memadai untuk mengadakan pratikum kimia siswa di MAN 2 Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-Modul Pratikum Kimia yang diharapkan mampu untuk menumbuhkan minat pratikum siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti membuat sebuah modul pratikum kimia elektronik dengan memanfaatkan peralatan sederhana yang didesain dan dapat dijadikan sebagai alat pendukung pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa skala likert untuk minat pratikum siswa dan uji N-Gain untuk hasil belajar siswa . Validasi e- modul dilakukan oleh 3 orang ahli di masing-masing kategori yaitu ahli materi, ahli media dan juga ahli kepraktisan dengan memberikan angket. Penilaian menujukan bahwa aspek minat pratikum sebesar >4,2 dengan kategori “Sangat Baik” dalam menumbuhkan minat pratikum siswa dan aspek hasil belajar siswa sebesar 0,1 dengan kategori “Berefek Besar”dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan e-Modul Pratikum Kimia dengan memanfaatkan lingkungan secara keseluruhan dapat digunakan untuk menumbuhkan minat pratikum dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023