Kemajuan sains dan teknologi pada abad 21 menjadi sebuah pertimbangan seorang pendidik dalam menyampaikan pengetahuan. Strategi pembelajaran dalam proses belajar perlu diseimbangkan dengan perkembangan zaman. Salah satu strategi belajar adalah dengan menggunakan integrative model berbantuan LKS Interactive. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan integrative model dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One-Grup Pre-test and Post-test. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Lemahabang Karawang. Instrumen yang digunakan yaitu tes kognitif dan metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kognitif taraf signifikan 0,000 < α 0,05, dan metakognitif signifikan 0,005 < α 0,05 dapat diartikan hasil tersebut menunjukkan model pembelajaran integrative melalui kegiatan mendeskripsikan, membandingkan, menemukan pola, menjelaskan persamaan dan perbedaan, membuat hipotesis, dan menggeneralisasi dengan berbantuan LKS interaktif mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada indikator pengetahuan strategi, pengetahuan kinerja kognitif, dan pengetahuan diri dengan rata-rata persentase 73,3%. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan integrative model berbantuan LKS Interactive pada konsep sistem reproduksi sangat baik dengan rata-rata persentase 93,3%. Terkait hasil tersebut efektivitas integrative model berpengaruh terhadap kognitif dan metakognitif dengan hasil yang menunjukkan feedback positif.
Copyrights © 2023