Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 11 DENPASAR

Ni Putu Wahyunita Savitri (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Dewa Putu Juwana (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas XI. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan semua siswa di kelas XI MIPA 1. Data tentang aktivitas belajar diperoleh dari pedoman lembar pengamatan yang digunakan pada siklus I dan siklus II. Analisis hasil aktivitas belajar siswa dilakukan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Peningkatan rata-rata dari 61,91% dalam kategori kurang menjadi 81,51% dalam kategori baik yang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Peneliti lain harus terus melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam biologi dan mata pelajaran lain karena ini secara langsung meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...