Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak Game-based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Subjek penelitian berjumlah 46 siswa yang berasal dari kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Kuta Utara pada tahun akademik 2022/2023. Objek penelitian adalah penerapan Game-based Learning serta hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian tersebut menemukan bahwa pembelajaran berbasis game dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan hasil belajar mereka dalam seluruh siklus penelitian. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebesar 54,34% meningkat menjadi 71,73% dan 86,95% secara berturut setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 74,45 meningkat menjadi 81,41 dan menjadi 87,06 secara berturut setiap siklusnya. Hasil tersebut menunjukkan strategi Game-based Learning dalam pembelajaran biologi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023