Keterampilan softskill berupa keterampilan 4C (critical thinking, creativity, communication, dan collaborative) perlu dibekali kepada peserta didik melalui strategi yang dapat digunakan oleh lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan dua siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes evaluasi tertulis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain, (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan 4C melalui Project Based Learning (PjBL). Keterampilan berpikir kritis pada akhir siklus II mengalami peningkatan sekitar 46,7% dari 33,3% menjadi 80%. Keterampilan kolaboratif pada akhir siklus II meningkat sekitar 20% dari 66,7% menjadi 86,7%. Keterampilan komunikasi pada akhir siklus II meningkat sekitar 26,7% dari 53,3% menjadi 80%. Keterampilan berpikir kreatif pada akhir siklus II meningkat sebesar 40% dari 46,7% menjadi 86,7%. Disimpulkan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan 4C (critical thinking, collaborative, communicative, dan creative) dapat ditingkatkan secara efektif dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Copyrights © 2023