DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): September 2023

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA Menggunakan PBL Berbantuan LKPD Saintifik Konsep

Ahmad Rifan Muzakki (Unknown)
Aulya Nanda Prafitasari (Universitas Muhammadiyah Jember)
Fifit Wulandari (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Keterampilan menyeleksi informasi yang benar dari berbagai media informasi dibutuhkan untuk mendapatkan informasi yang tepat terhadap pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada aspek intrepretasi dan menganalisa dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD Saintifik Konsep. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian diujikan dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri Balung selama 3 siklus pengulangan Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis dengan indikator mengintrepretasi dan menganalisis. Hasil tes berpikir kritis dihitung presentase kemampuan berpikir kritis, dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus 1 dengan nilai 62,74, siklus 2 dengan nilai 65,57, siklus 3 dengan nilai 82,59. Nilai ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebanyak 52,94, siklus 2 sebanyak 50, dan siklus 3 sebanyak 79,41. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD saintifik konsep dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan indikator mengintrepretasi dan menganalisa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...