DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): September 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Minat Berhitung Luas Bangun Datar pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar (Studi Pre-Eksperimen di SDN 3 Padahurip)

Asep Muhamad Ihsan (Unknown)
Syarip Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sima Mulyadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang dimintai peserta didik karena dianggap sulit. Adanya masalah tersebut mendorong peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Metode Pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimen dengan one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian ini dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar NegeriĀ 3 Padahurip yang berjumlah 22 orang peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan angket. Dari data yang dikumpulkan, hasil penelitian ditemukan pengaruh minat awal siswa terhadap matematika yaitu ada kategori baik dengan jumlah responden 21 dari 22 peserta didik, sedangkan minat berhitung akhir berjumlah 22 orang peserta didik dalam kategori baik dan sangat baik. Melalui pembelajaran Cooperative Tipe Make a Match yang diperoleh dari lembar observasi yaitu rata-rata sangat memuaskan pada persentae 80%-90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...