Jurnal Kualita Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Kualita Pendidikan

Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Hasil Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah Dasar

Ery, Ery Maritim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah dasar menjadi fokus perhatian yang semakin meningkat dalam upaya mengembangkan aspek moral dan etika pada anak-anak. Untuk mengukur hasil pendidikan karakter, instrumen tes yang valid dan reliabel diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen tes hasil pendidikan karakter di lingkungan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan sampel siswa sekolah dasar yang dipilih secara acak. Instrumen tes yang digunakan dirancang khusus untuk mengukur aspek-aspek kunci dalam pendidikan karakter, seperti integritas, tanggung jawab, empati, dan kerjasama. Data yang diperoleh dari tes ini dianalisis menggunakan metode statistik yang relevan. Temuan ini memberikan bukti empiris yang kuat bahwa instrumen tes hasil pendidikan karakter yang digunakan di lingkungan sekolah dasar adalah alat yang valid dan reliabel. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa instrumen tes ini dapat digunakan oleh sekolah dasar untuk mengukur dan memantau perkembangan karakter siswa secara objektif. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi landasan untuk pengembangan instrumen tes pendidikan karakter yang lebih baik di masa depan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Kualita Pendidikan dengan nomor ISSN 2774-2156 (cetak) dan ISSN 2774-4566 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Perkumpulan Kualitama Edukatika Indonesia. Jurnal Kualita Pendidikan memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pendidikan. Lingkup bidang pendidikan antara ...