Berbagai upaya telah dilakukan guru guna meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematika namun hasilnya masih belum optimal. Salah satu inovasi pembelajaran matematika adalah menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan IPTEK. Inovasi dalam proses pembelajaran matematika sangatlah diperlukan agar peserta didik dapat lebih berpatisipasi dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Flipped Classoom tipe Peer Instruction berbantuan e-LKPD terhadap kemapuan komunikasi dan disposisi matematika peserta didik kelas XI IPA. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah 387 orangs. Sampel penelitian berjumlah 144 yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika peserta didik adalah berupa tes uraian sedangkan untuk mengukur kemampuan disposisi matematika peserta didik digunakan kuisioner. Data analisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26.0 for Windows. Data analisis diuji dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dan kemampuan disposisi matematika antara peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classoom tipe Peer Instruction berbantuan e-LKPD, peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classoom tipe Peer Instruction berbantuan LKPD, dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classoom tipe Peer Instruction. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematika dengan menggunakan model pembelajaran Flipped Classoom tipe Peer Instruction berbantuan e-LKPD.
Copyrights © 2023