Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “ MAKE A MATCH” DI SD NEGERI PANDAN

Syahada, Nurul Laily (Unknown)
Setyawan, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar adalah perwujudan perilaku belajar yang biasanya terlihat dalam perubahan, kebiasaan, keterampilan, sikap, pengamatan, dan kemampuan. Keberhasilan seseorang di dalam mengikuti proses pembelajaran pada satu jenjang pendidikan tertentu dapat dilihat dari hasil belajar itu sendiri. Berdasarkan proposal hasil penelitian yang telah dilakukan di jelaskan bahwa penggunaan model, media, dan metode yang tepat menjadi aspek penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian yang berjudul “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Model Pembelajaran “Make a Match” Di SD Negeri Pandan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana siswa kelas IV SD Negeri Pandan, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pecahan. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pandan dengan total  sebanyak 12 siwa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Pandan setalah diadakan tindakan kelas melalui penggunaan model pembelajaran Make a match, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil dari tugas individu baik kelompok yang peneliti berikan selain itu semangat siswa yang meningkat dari sebelumnya. Dengan demikian, dapat digunakan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika pecahan melalui model pembelajaran tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di SD Negeri Pandan Kecamatan Galis. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...