MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 12, No 2 (2022): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MITRA USAHA GRAB DALAM MEMPERTAHANKAN MINAT PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Bari Santoso (Unknown)
Irmulansati Tomohardjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Pandemi dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Global Pandemic. Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat. Untuk menekan angka lonjakan covid 19 seluruh sektor Non esensial diwajibkan untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Dari segi UMKM yang berada di mall berusaha untuk tetap bangkit, meskipun perekonomian menurun drastis dengan adanya kebijakan mall ditutup sementara. Dalam menangani masalah tersebut, diperlukan sebuah strategi komunikasi untuk mempertahankan minat pelanggan di masa pandemic covid 19.Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi komunikasi pemasaran dalam rangka mempertahankan minat pelanggan di masa pandemic covid 19 khususnya yang berada di mall. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi yang dicetuskan oleh Chriss Fill. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif melalui Paradigma Konstruktivisme menyatakan bahwa realitas itu ada dalam beragam bentuk konstruksi mental yang didasarkan pada pengalaman sosial, bersifat lokal dan spesifik, serta tergantung pada pihak yang bersangkutan. Penelitian ini juga menggunakan case study research pendekatan (studi kasus). Instrumental tunggal Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkanbahwa mitra usaha grab waffelicious Penelitian dengan menggunakan teori strategi komunikasi yang dicetuskan oleh Chriss Fill (Pull Strategy, Push Strategy dan Profile Strategy). Adapun mitra usaha grab waffelicious lebih menekankan pull strategy dengan advertising memberikan penawaran promosi melalui media cetak dan media sosial.Selain itu memberikan pelayanan yang terbaik dengan melakukan pendekatan pelanggan dalam personal selling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...