MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM KEMENKO PMK DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS (Studi Kasus pada Instagram @kemenko_pmk)

Nisa Amalia (Unknown)
Yoyoh Hereyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Pengunaan Instagram seringkali di manfaatkan sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk membangun brand awareness melalui eWOM (Electronic Word of Mouth) yang tercipta dari komentar pengguna tentang produk atau layanan yang diposting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tim media sosial mengelola pesan dalam membantuk brand awareness dan bagaimana awareness masyarakat mengenai konten tersebut. Menggunakan teori pengelolaan pesan dan brand awareness. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis dengan metode stadi kasus. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dengan 3 narasumber pengelola instagram Kemenko PMK dan 15 followers Kemenko PMK. Teknis analisis dengan reduksi data, display data, mengambil keputusan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola instagram, Tim Kemenko PMK belum melaksanakan tugasnya dengan efektif sehingga instagram tidak interaktif dan tidak menarik sehingga Masyarakat kurang mengetahui peran, fungsi dan tugas dari Kemenko PMK dikarenakan minimnya informasi yang diberikan. Sarannya adalah dapat menetapkan audiens dan strategi konten, menerapkan copywriting, memperbanyak konten menarik dan menjadikan instagtam sebagai media sosial komunikasi 2 arah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...