MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 12, No 1 (2022): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

ADAPTASI PRODUKSI AUDIO VIDEO DI MASA PANDEMIK COVID-19” (Studi Kasus Pada Ulang Tahun GTV Ke-18)

Winyono Iman Santoso (Unknown)
Ahmad Mulyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Perusahaan produksi sangat bergantung kepada tingkat produksi dan program acara yang telah terkonfirmasi. Hal tersebut juga berlaku bagi program acara Ulang Tahun GTV ke-18. Bagi GTV perayaan ulang tahun bukanlah hanya sebagai ajang ceremonial semata, melainkan juga sebagai ajang unjuk gigi dan memperkuat eksistensi. Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Oleh karenanya, untuk tetap dapat melaksanakan program acara tersebut maka perlu dilakukan adaptasi dalam setiap tahapan produksi. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana adaptasi produksi dalam pelaksanaan program acara pada masa Pandemi COVID-19, dan juga untuk menganalisis dan mengetahui strategi binsis yang dijalankan oleh GTV dalam memenuhi komitmen bisnis intern dan ekstern. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, melalui analisis langsung terkait dengan kegiatan produksi program acara yang dilakukan dengan media baru dalam kondisi Pandemi COVID-19. Sedangkan obyek penelitian ini adalah program acara Ulang Tahun GTV ke-18. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penulis juga menambahkan data primer berupa wawancara dengan dua narasumber dalam profesinya masing-masing sebagai penanggung jawab acara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa GTV dapat melakukan adaptasi dengan cukup baik dengan menggunakan media komunikasi online serta menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan produksinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...