JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo

Karsum Balaga (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Meyko Panigoto (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Radia Hafid (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Fitri Hadi Yulia Akib (Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penarikan Sampel dalam Penelitian ini menggunakan metode sampling random sampling dengan jumlah responden 30 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakkan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hail penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Besaran Pengaruh Hasil Belajar Siswa terhadap Game Online 15,8% sedangkan sisanya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Game Online (X) berpengaruh negatif terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Hasil ini dapat menjelaskan siswa menurun Di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...