JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Proses pada Peserta Didik Kelas 5C SD

Muhammad Zaenal Fais (Universitas PGRI Semarang, Indonesia)
Aries Tika Damayani (Universitas PGRI Semarang, Indonesia)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang, Indonesia)
Ulin Nikmah (SD Supriyadi Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Pada kegiatan penelitian ini dilakukan untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses pada peserta didik di kelas 5C SD Supriyadi Semarang dengan menggunakan metode kualitatif berupa wawancara dan tes angket yang diberikan kepada peserta didik dan guru, penerapan metode kualitatif pada pembelajaran berdiferensiasi proses dengan gaya belajar peserta didik yang meliputi gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan juga gaya belajar kinestetik. Dengan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan membuat poster, gaya belajar peserta didik auditori lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan melantunkan nyanyian, gaya belajar kinestatik lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan membuat pagelaran tarian. Dari kegiatan penelitan yang saya lakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses cocok untuk semua kegiatan pembelajaran di kelas dengan berkelompok maupun individu, namun dalam gaya belajar peserta didik yang paling dominan pada pembelajaran berdiferensiasi proses adalah gaya bealajar kinestetik oleh peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...