JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa

Agsutina Cahyaningrum (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Herdi Herdi (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Bimbingan dan Konseling dalam kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan penedekatan kajian literatur sistematis. Jurnal yang digunakan dalam kajian literatur sistematik ini didapatkan melalui database penyedia jurnal nasional dan internasional melalui google scholar dan Mendeley yang selanjutnya dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan konseling dapat meningkatkan kematangan karir siswa. Program tersebut terutama dalam layanan bimbingan karir seperti layanan informasi melalui media animasi, layanan informasi yang berkaitan dengan teori Holland, bimbingan karir dengan model STEM karir, pelaksanaan konseling kelompok dengan metode self-management, jalinan kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk informasi di Perguruan tinggi, Lembaga biro psikologis untuk tes bakat dan minat, Perusahaan untuk kunjungan industri kerjasama dengan orangtua dalam bentuk seminat parenthing, sarana dan prasarana Bimbingan dan Konseling, pengembangan media seperti blog, media, penggunaan internet, pengelolaan papan bimbingan, brosur/leaflet bimbingan karir. Program bimbingan dan konseling jika diberikan secara optimal, akan membantu untuk meningkatkan kematangan karir siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...