JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Literatur Review: Efektivitas SFBT (Solution Focused Brief Therapy) untuk Meningkatkan Self_Esteem

Agsutina Cahyaningrum (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Eka Wahyuni (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Literatur Review: Efektivitas SFBT (Solution Focused Brief Therapy) untuk Meningkatkan Self_Esteem Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk meningkatkan self-esteem. Peneltian ini menggunakan pendekatan kajian literatur. Jurnal yang digunakan ini didapatkan melalui database penyedia jurnal nasional dan internasional melalui google scholar yang selanjutnya dianalis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SFBT dapat meningkatkan self-esteem klien. Penggunaan pendekatan konseling dalam SFBT, seperti pretherapy change, exception question, the miracle question, scaling question, homework, dan summary feedback diberikan sebagai pendampingan kepada siswa atau remaja dalam menghadapi permasalahan dalam hidupnya. SFBT secara efektif membantu klien atau remaja menumbuhkan self-esteem mereka, sehingga mereka mampu melewati fase dalam kehidupannya dengan lebih baik. Kelebihan dari penggunaa SFBT berfokus pada solusi, penggunaan yang efektif, bersifat fleksibel dan praktis dalam penggunaan Teknik-teknik intervensi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...