JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 10 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Efektifitas Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Hardiness Siswa: Literature Riview

Yuevelyn Devina Rahmananda (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Eka Wahyuni (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas cognitive behavior theraphy untuk meningkatkan hardiness siswa. Berbagai jenis terapi kognitif perilaku terus berkembang diaplikasikan untuk meningkatkan hardiness atau kepribadian tahan banting. Penelitian ini dilakukan dengan metode literature riview, artikel berasal dari seacrh engine antara lain: google schoolar, Sagepub, Pubmed, Science direct, Wiley. Identifikasi dilakukan dengan studi kontenporer dengan metode meta-analisys Cognitive Behavior Therapy. Pencarian artikel dimulai dari bulan Maret 2023. Berdasarkan tinjauan pustaka, terapi CBT dapat membantu meningkatkan hardiness siswa dengan cara mengubah pola pikir negatif menjadi pola pikir yang lebih positif dan adaptif, membantu individu mengembangkan keterampilan untuk menghadapi stres dan tantangan, dan membantu individu menghindari stres dan mengatasi stres yang terjadi dengan cara yang lebih efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...