Masih ada mahasiswa PPL yang belum bisa menyesuaikan diri dengan suasana kelas, kurang menguasai mata Pelajaran dan materi yang disampaikan, serta belum mengetahui cara merencanakan dan menggunakan lingkungan belajar yang baik dan benar sehingga mahasiswa belum sepenuhnya mengetahui materi yang diajarkan. Mahasiswa belum memahami penjelasan yang akan diajarkan yang mengakibatkan banyak hasil belajar siswa di bawah Standar Keunggulan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggungkapkan hubungan persepsi siswa tentang kompetensi mahasiswa PPLK dengan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket dan menggunakan teknik analisis data deskriptif, uji persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa “ada hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi mahasiswa PPLK dengan hasil belajar siswa TKRO kelas XI pada mata pelajaran PMKR SMKN 1 Sumatera Barat yang dicapai†pada tingkat yang signifikan. 0,05. There exist a subset of students engaged in the PPL program who exhibit limited proficiency in creating a conducive classroom environment, comprehending and effectively utilizing teaching materials, and designing appropriate learning media. Consequently, these students struggle to fully comprehend the explanations provided during the learning process, leading to a significant number of students failing to meet the minimum proficiency standards. The purpose of this study is to investigate the link between students' views of PPLK student competency (X) and their learning results (Y). The research data analysis indicates that there exists a statistically significant association between student views of PPLK student competency and the learning results of class XII TKRO students at SMKN 1 West Sumatra in the PMKR subject. This relationship has been accepted at a significance level of 0.05.
Copyrights © 2023