Wahana Didaktika
Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan

Efektivitas Media Animasi Interaktif Untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Hopipa Indah (Universitas Negeri Padang)
Elise Muryanti (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Tujuan peneitian ini untuk mengetahui keefektivan penggunaan media animasi interaktif dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris pada anak di Taman Kanakkanak Nur Ilaahi Lubuk Buaya kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen menggunakan dua group yaitu kelas eksperimen dan kelas kelas kontrol. Sampel penelitian adalah kelas B1 sebagai kelas kontrol dan kelas B2 kelas eksperimen masing-masingnya berjumlah 14 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa uji uji hipotesis, alat pengumpulan data digunakan lembar pernyataan, kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi Spss for windows yang menunjukkan taraf signifikan 0,000. Pemerolehan effect size sebesar 1,6 yang berarti tergolong pada kategori kuat. Dengan demikian bahwa penggunaan media animasi interaktif efektif digunakan dalam mengenalkan kosata bahasa Inggris kepada anak dan guru sangat cocok untuk menggunakan media aimasi interaktif sebagai media dalam dalam mengjarkan koskaata bahasa Inggris

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...