Foto produk merupakan bagian penting dari bisnis online. Dampak dari Covid-19 membuat semua pelaku usaha bertransformasi dari toko fisik menjadi toko online. Pelaku usaha melakukan berbagai cara agar usahanya tetap berjalan dengan memasarkan foto produknya di marketplace dan sosial media. Tujuan foto produk adalah menghasikan foto yang menarik sebagai media promosi untuk pelaku usaha. Archival adalah badan usaha kreatif yang menyediakan jasa foto produk. Tujuan Archival adalah untuk membantu memudahkan pemilik usaha dalam berjualan dengan menyediakan layanan jasa foto produk. Dalam pelaksanaan prosesnya, Archival memiliki banyak kekurangan dan mendapat keluhan dari konsumennya yaitu pemilik usaha. Mulai dari kurangnya informasi jadwal, status paket yang tidak dapat dipantau, hingga pemesanan yang cukup rumit. Aplikasi mobile dapat membantu Archival menyelesaikan masalah ini. Dengan keseharian pengguna yang selalu menggunakan smartphone, aplikasi mobile menjadi pusat layanan dan pengumuman Archival. Aplikasi Archival memerlukan perancangan pengalaman pengguna yang baik agar dapat digunakan secara mudah dan efisien. Penelitian menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dalam merancang desain solusi aplikasi Archival. Pendekatan HCD adalah pendekatan design yang lebih berfokus kepada kebutuhan dan kapabilitas manusia. Penelitian dilakukan dengan menganalisis konteks penggunaan dan kebutuhan pengguna, hingga menghasilkan desain solusi. Hasil uji rancangan desain berupa prototype dalam bentuk high fidelity. Prototype diuji dengan metode heuristic evaliation dan menghasilkan dua belas temuan masalah yang harus diperbaiki. Prototype juga diuji dengan metode usability testing dan didapatkan hasil efisiensi sebesar 96% dan hasil efektifitas dengan rata-rata 0,08 task per second yang menurut time based efficiency tergolong sangat cepat.
Copyrights © 2023