Kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran dasar desain grafis disebabkan kurangnya bahan ajar dari guru kepada siswa yang dijadikan sebagai bahan pembelajaran di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar modular Young berbasis Flip PDF Corporate Edition. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 7 Malang. Ekonomi media pembelajaran dievaluasi melalui tes dengan ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel berpasangan dengan taraf Sig.Value 0,05. Berdasarkan uji validitas materi diperoleh rata-rata 88,3 pada kriteria Validitas dan 84,5 pada kriteria Validitas pada uji ahli media. Bahan ajar yang dikembangkan dengan demikian memenuhi kriteria ahli materi dan media. Uji-t sampel berpasangan dengan tingkat Sig.Value 0,05 digunakan dalam teknik analisis data sebelum dan sesudah tes. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diberikan Sig.value 0,00. Penerapan dan penggunaan E-modul berpengaruh terhadap hasil belajar karena terdapat perbedaan antara hasil pre-test sebelum menggunakan E-modul dengan hasil tes setelah penggunaan E-modul dengan Sig.Value 0,00 <; 0,05.
Copyrights © 2023