Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, digitalisasi telah mencapai beberapa sektor, salah satunya kecantikan. Kebermanfaatan teknologi informasi dibutuhkan pada sektor kecantikan yang meliputi otomasi terhadap sistem reservasi perawatan di salon. Challista Beauty Salon merupakan salah satu salon di Kota Malang yang berdiri sejak tahun 2018 dan memiliki jumlah pengikut sebanyak 6.882 di Instagram. Namun, dalam proses bisnisnya, Challista Beauty Salon masih menjalankan sistem reservasi nya secara manual, yaitu melalui chat WhatsApp Messenger dengan pembayaran di muka melalui transfer yang dilanjutkan dengan mengirimkan bukti transfer. Selain itu, human error dalam pencatatan reservasi dan ketidaktepatan waktu pelanggan yang datang sesuai reservasi sering menyebabkan jadwal yang bertabrakan. Oleh karena itu, penulis mengusulkan pengembangan aplikasi berbasis mobile dengan memanfaatkan framework Flutter yang terintegrasi dengan Google Calendar sebagai reminder bagi pelanggan serta payment gateway menggunakan Midtrans. Dalam pengembangan aplikasi ini, digunakan metode waterfall dengan analisis kebutuhan dan perancangan melalui pemodelan UML (Unified Modeling Language). Dalam pengujian fungsional menggunakan black box dihasilkan sebesar 100% valid menggunakan perangkat ponsel pada semua kasus uji. Sementara, pada pengujian non-fungsional menggunakan User Acceptance Testing (UAT) didapatkan nilai sebesar 83,4%, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh user.
Copyrights © 2023