JPLED
Vol. 3 No. 3 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development (JPLED)

PERSEPSI SISWA TENTANG MORAL KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI SENI DAN KARAWITAN KOTA PADANG

Aryzka, Tiara Linada Aryzka (Unknown)
Santoso, Yulianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang moral kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Seni Dan Karawitan Kota Padang yang terdiri dari SMK N 4 Kota Padang, SMK N 7 Kota Padang, dan SMK N 8 Kota Padang. Pertanyaan penelitian ini adalah seberapa baik persepsi siswa tentang (1) semangat mengajar guru, (2) disiplin mengajar guru, (3) tanggung jawab mengajar guru. Jenis penelitian ini menggunakan Deskriptif Kuantitatif dengan populasi pada penelitian ini adalah siswa/I kelas X, XI, dan XII di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Seni Dan Karawitan Kota Padang dengan jumlah populasi 226 orang dan sampel sebanyak 70 orang. Penarikan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dan diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk skala likert. Sebelum angket tersebut digunakan sudah terlebih dahulu diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 23 dan didapatkan hasil uji validitas yaitu dari 35 item pernyataan terdapat 34 item yang valid dan 1 item yang tidak valid (gugur) dan hasil uji reliabilitas dengan N=30 pada taraf kepercayaan 90% adalah 0,463. Maka didapatkan rhitung > rtabel (0,963>0,463). Hasil analisis data menunjukkan bahwa moral kerja guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Seni Dan Karawitan Kota Padang sudah terbilang baik dengan tingkat capaian 4,32 dengan penjelasan sebagai berikut; (1) semangat mengajar guru pada kategori baik yaitu pada capaian 4,30, (2) disiplin mengajar guru pada kategori baik yaitu pada capaian 4,30, (3) tanggung jawab mengajar guru pada kategori baik yaitu pada capaian 4,35.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...