Tanfidziya: Journal of Arabic Education
Vol. 2 No. 03 (2023)

PEMBELAJARAN KESASTRAAN ARAB: PUISI (AL-SYI’R) DAN PROSA (AL-NASAR) BAGI NON PENUTUR ARAB

Enok Milhah Malihatusolihah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Muhammad Syaiful Bahri Hidayat (Institut Agama Islam Miftahul ulum Pamekasan)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas mengenai pembelajaran sastra dengan memfokuskan kajian pada puisi dan prosa Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendakatan pustaka dengan mengkaji beberapa literatur kridebel dengan sumber data artikel ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahasanya terdapat tiga tingkatan dalam pembelajaran sastra, yaitu Tingkat Dasar (Mubtadi’),Tingkat Menengah (Mutawassith), dan Tingkat Lanjut (Mutaqaddim). Adapun metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran syi’r dan prosa Arab diantaranya adalah metode membaca. Metode membaca (Reading Method) yaitu menyajikan materi pelajaran dengan terlebih dulu mengutamakan membaca, yakni guru mula-mula membacakan topik-topik bacaan, kemudian diikuti siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tanfidziya

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanfidziya: Journal of Arabic Education published three a year since 2021 (November, March and July), is a multilingual (indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education and Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, ...