Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas peserta didik kelas IV SD Negeri Putat Gede I/94 Surabaya melalui pendekatan bermain. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Putat Gede I/94. Instrumen penelitian menggunakan indikator penilaian dalam setiap keterampilan gerak dengan skor 1-4. Kondisi awal peserta didik yang diteliti belum dapat melakukan passing atas dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli dilihat dari persentase perhitungan hasil belajar peserta didik yang meningkat. Hasil dari siklus I terdapat 19 peserta didik yang sudah bisa melakukan passing atas dengan baik, sedangkan 17 peserta didik belum bisa melakukan passing atas dengan baik. Peningkatan terlihat pada siklus II dimana terdapat 29 peserta didik sudah bisa melakukan passing atas dengan baik dan 7 lainnya masih belum. Bisa melakukan passing atas dengan baik.
Copyrights © 2023