Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peningkatan kebugaran jasmani melalui pendekatan bermain siswa kelas IV SD Negeri Manukan Wetan IV /616 pada tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Manukan Wetan IV /616. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek kognitif menggunakan alat tes pilihan ganda, aspek psikomotorik menggunakan alat tes unjuk kerja. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hal tersebut dapat dilihat dengan data yang diperoleh dari hasil analisis peningkatan hasi belajar kebugaran jasmani dari siklus I ke siklus II, dan berlanjut pada siklus III. Pada aspek pengetahuan siklus I presentase ketuntasan sebesar 40%, pada siklus II presentase ketuntasan sebesar 63%, pada siklus III presentase ketuntasan sebesar 85%. Pada aspek keterampilan siklus I presentase ketuntasan sebesar 43%, pada siklus II presentase ketuntasan sebesar 60%, pada siklus III presentase ketuntasan sebesar 80%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan kebugaran jasmani pada peserta didik kelas IV SD Negeri Manukan Wetan IV/616.
Copyrights © 2023