Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 3 (2023): Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Mewujudkan Generasi Pancasila Unggul melalui Pembel

Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa

Imaniar Salwa Nabila (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Jawa Tengah)
Dewi Azizah (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep SMK N 1 Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian eksperimen ini menggunakan Posttest Only Control Design berbentuk quasi experimental design Populasinya adalah siswa kelas X SMK N 1 Pekalongan dengan sampel penelitian kelas X Tata Busana 1. Teknik sampling menggunakan random sampling. Instrument tes dilakukan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, uji homogenitas dengan uji F, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar yang artinya ditolak, berarti ada perbedaan rata-rata nilai posttest yang mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan dua model pembelajaran. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMK N 1 Pekalongan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...