Inovasi merupakan ide-ide baru atau buah hasil pemikiran dari pengalaman yang sudah ada. Dalam sebuah usaha, baik produksi hingga pemasaran membutuhkan perubahan yang disesuaikan dengan pangsa pasar. Misalnya, saat ini kita sedang menerapkan adaptasi new normal dari sebuah pandemic Covid19 yang melanda tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh penjuru dunia. Adaptasi tersebut selain mempengaruhi daya beli masyarakat, juga mekanisme jual dan beli yang saat ini lebih dominan pada transaksi secara online. Hal itulah yang menjadi pendorong untuk terjadinya sebuah inovasi atau pengembangan sebuah produk. Salah satunya adalah terkait inovasi tentang pengemasan produk yang lebih menarik. Permasalahan mengenai perlunya peningkatan kemasan produk juga dialami oleh pelaku usaha tahu dan tempe yang ada di Desa Lambusa Kecamatan Konda, yang mana produk yang dijual hanya dikemas dengan plastic putih. Dari kemasan yang seperti ini, ditemukan beberapa kelemahan, diantaranya adalah kebersihan produk yang sulit untuk dijaga, daya tahan tahu dan tempe yang relative singkat, nilai jual yang rendah. Maka dari itu pengabdian pada masyarakat ini dilakukan pada pelaku usaha Tahu dan Tempe yang ada di Desa Lambusa, Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan.
Copyrights © 2023