Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Volume 2 Nomor 2 Juli 2023

Pendekatan Ilmu Pendidikan Dalam Study Islam Di Sekolah Menengah Pertama I Kalirejo Lampung Tengah

Prasetiawan Prasetiawan (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ma'arif lampung)
Akim Musolah (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ma'arif lampung)
Surahyo Surahyo (Mahasiswa Pascasarjana Universitas Ma'arif lampung)
Muhammad Saifullah (Universitas Ma’arif Lampung)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Pendekatan memiliki arti yang tak selalu sama dan bahkan berbeda-beda tergantung kepada obyek apa yang akan menjadi tema sentral perencanaan kerja dan kajian pemikiran yang akan dikembangkan. Namun dalam hal ini pendekatan yang dimaksud adalah suatu cara untuk memproses subyek atas obyek dalam mencapai tujuan. Pendekatan ini juga berarti suatu cara pandang terhadap sebuah obyek permasalahan, dimana cara pandang tersebut adalah cara pandang yang luas. Sedangkan pendidikan Islam adalah suatu bimbingan dan pendampingan yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik agar ia mampu berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga secara sederhana dapat dipahami bahwa pendekatan dalam pendidikan Islam ialah suatu upaya atau cara yang dilakukan oleh pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk mendekati dan mengantarkan peserta didik dalam mengenal dan mencari keridhaan Allah swt. adapun pengertian dari pendekatan yang dimaksud adalah sebagai berikut; 1.Pendekatan pengamalan adalah usaha memberikan materi agama kepada peserta didik agar terbiasa mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. 2.pengalaman adalah pemberian pengalaman keagamaan terhadap peserta didik dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan yang lebih baik. 3.Pendekatan rasional yaitu suatu pendekatan mempergunakan rasio (akal) dalam memahami dan menerima kebesaran kekuasaan Allah swt. 4.Pendekatan emosional merupakan usaha untuk menggugah perasaan dan emosi peserta didik dalam meyakini ajaran Islam serta dapat merasakan mana yang baik dan mana yang buruk. 5.Pendekatan pembiasaan merupakan suatu tingkah laku yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahulu dan berlaku begitu saja. Karna peserta didik sangat membutuhkan suatu pendekatan yang sifatnya bisa membuat perubahan yang lebih baik dari yang sebelumnya,dari yang tadinya belum baik dengan berusaha melaui pendekatan-pendekatan yang membangun dengan harapan bisa membuat perubahan yang lebih baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam untuk Transformasi Sosial, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...