Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan siswa teladan di SMA Harapan Bangsa. Identifikasi siswa teladan adalah elemen kunci dalam mendorong pencapaian akademik dan karakter positif di lingkungan sekolah. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data yang melibatkan pencatatan prestasi akademik, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, kepemimpinan, perilaku, dan faktor-faktor lain yang relevan dalam menentukan siswa teladan. Metode AHP digunakan dalam analisis data untuk memutuskan tingkat pentingnya setiap faktor dalam menentukan siswa teladan. SPK yang dikembangkan dalam penelitian ini memberikan panduan objektif kepada pihak sekolah dalam mengidentifikasi siswa-siswa yang layak mendapatkan penghargaan sebagai siswa teladan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode AHP dalam SPK ini meningkatkan keakuratan dan konsistensi dalam menilai siswa teladan. Penelitian ini berpotensi memberikan manfaat signifikan bagi sekolah dan pendidikan lebih luas dengan memberikan kerangka kerja yang efisien dan transparan dalam menentukan siswa teladan. SPK ini dapat membantu sekolah dalam memberikan penghargaan yang pantas kepada siswa-siswa yang telah mencapai prestasi luar biasa dan mempromosikan budaya prestasi di antara seluruh siswa. Selain itu, metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dapat diterapkan dalam konteks pendidikan lainnya untuk mengidentifikasi dan menghargai pencapaian siswa
Copyrights © 2023