Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 11, No 1 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK XI 2023

PENDEKATAN E-STEM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI ERA METAVERSE

Artika, Wiwit (Unknown)
Ratna, Lina (Unknown)
Ulhusna, Fitrah Asma (Unknown)
Maulida, Maulida (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Setiap peserta didik dan pendidik memiliki latar belakang yang berbeda, terutama pada pengalaman dan akses mereka terhadap alam dan teknologi. Sebagai pendidik, guru harus mampu menjembatani perbedaan ini untuk membentuk peserta didik yang memiliki kedua kemampuan literasi lingkungan dan literasi teknologi. Literasi lingkungan pada seseorang ditunjukkan oleh kemampuan individu tersebut dalam memahami konsep ekologi, keadaan sosial dan isu-isu tentang lingkungan, serta mempunyai kemampuan berfikir kritis untuk memecahkan masalah lingkungan baik secara individu atau kelompok. Proses terbentuknya literasi lingkungan dipengaruhi oleh berbagai tipe pengetahuan lingkungan, sistem, dan kemampuan berfikir kritis. Environmental-STEM (E-STEM) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi lingkungan dan berfikir kritis. Pelaksanaan pembelajaran E-STEM dapat dilakukan melalui penerapan model PjBL, PBL, pembelajaran inkuiri, pembelajaran Place-based, dan pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning). Melalui teknologi sebagai alat bantu, solusi kritis terhadap permasalahan lingkungan akan semakin baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...