Jurnal Dehasen Mengabdi
Vol 2 No 2 (2023): September-Februari

Pemasaran Produk Kembang Tahu Menggunakan Marketing Mix

Wijaya, Ermy (Unknown)
Dewanti, Agilia Putri Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2023

Abstract

Paradigma bauran pemasaran, dalam versi 4P-nya yang terkenal, melewati evolusi teori pemasaran: dari konsep pemasaran, melalui pemasaran hubungan, hingga ekonomi digital, menjadi objek diskusi baik dalam literatur akademik maupun praktik manajerial. Jika fakta bahwa bauran pemasaran 4P adalah tonggak sejarah teori pemasaran, juga benar bahwa evolusi konteks bisnis telah menciptakan, di banyak bidang, kebutuhan untuk meninjau "faktor-faktor yang dapat dikendalikan" yang membentuk bauran pemasaran. Bisnis digital mewakili konteks bisnis yang lebih baru dan bisnis dengan kebutuhan diferensiasi campuran yang lebih besar. Sepanjang proses evolusi ini, para peneliti selalu terbagi antara "konservatif", yang berpendapat bahwa paradigma 4P dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan dengan memasukkan elemen baru di dalam setiap "P", dan "revisionis", yang menegaskan bahwa 4P paradigma sudah usang dan mengusulkan paradigma baru. Makalah ini bertujuan untuk mengklarifikasi dua pendekatan berbeda untuk evolusi bauran pemasaran melalui tinjauan literatur utama tentang bauran pemasaran elektronik, dengan fokus pada pengembangan teori bauran pemasaran untuk konteks digital. Bisnis merupakan kegiatan yang membutuhkan pemahaman yang serius, mulai dari perencanaan apa yang akan dibuat nantinya pada tahap implementasi, monitoring, dan evaluasi. Sebuah langkah penting yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah merencanakan strategi, sehingga tujuan dalam berbisnis untuk memperoleh keuntungan dan kemakmuran dapat tercapai. Salah satu strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis adalah strategi bauran pemasaran. Ini adalah strategi bagaimana menerapkan 4P terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat. Produk yang dibuat harus halal dan dibutuhkan oleh masyarakat, dan kualitas produk merupakan hal yang penting bagi para pelaku bisnis mempertimbangkan. Harga suatu produk juga menjadi hal serius yang harus diperhatikan dikelola dengan baik agar wajar dan berdaya saing serta bebas riba. Itu promosi diarahkan untuk mendorong pembelian dengan menciptakan kesan positif tentang produk yang dibujuk konsumen untuk melakukan pembelian tanpa penipuan. Tempat juga dapat didefinisikan sebagai lokasi perusahaan. Lokasi perusahaan/bisnis organisasi harus mudah diakses oleh publik, seperti di sekitar pusat perbelanjaan dan lain sebagainya untuk menghindari aksi penyadapan oleh para spekulan sebelum melakukan pemasaran. Seorang pelaku bisnis harus dapat memilih lokasi yang berfungsi untuk mewakili perusahaan dan dapat diakses oleh publik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JDM received manuscripts in the field of community service including training, marketing, local food safety, Appropriate Technology (TTG), design, community empowerment, education for sustainable development, Technology Transfer, Globalization and Social Transformation, Competence and ...