Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2022)

Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 6 Samarinda di Masa Pandemi Covid-19

Sri Wahyuni (Universitas Mulawarman)
Widyatmike Gede Mulawarman (Universitas Mulawarman)
Laili Komariyah (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda di masa pandemi covid-19, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Adapun analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan diperoleh nilai R = 0,707, angka ini menunjukkan pengaruh atau hubungan yang kuat dari variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru berpengaruh signifikan prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda. Hal tersebut dikuatkan nilai R Square (R2) sebesar 0,500 yang berarti prestasi belajar siswa (Y) diterangkan oleh variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru sebesar 50% dan sisanya sebesar 50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikemukakan dalam penelitian ini. Selanjutnya secara simultan variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda. Secara parsial variabel kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan kinerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda, namun kompetensi kewirausahaan kepala sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 6 Samarinda adalah variabel kinerja guru. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2,601 lebih besar dibanding nilai variabel lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

impian

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN) is a scientific journal published by the Masters Program in Education Management, Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. This journal contains the results of studies and research related to education management science and ...