Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2023): Juni-September

Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi TikTok Terhadap Kebutuhan Informasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Kotapinang

Nursapiah Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Muslih Faturrahman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Kiki Lopa Lopia Kumbang (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan aplikasi TikTok pada siswa SMA Negeri 2 Kotapinang serta mengetahui hubungan penggunaan aplikasi TikTok terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kalangan siswa SMA Negeri 2 Kotapinang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan 3 sumber mencari data. Di antaranya observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 12 SMA Negeri 2 Kotapinang yang jumlah keseluruhan siswanya yaitu 180 orang dan memiliki 5 kelas yang terdiri dari 36 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane menjadi 64 siswa yang menjadi sampelnya. Untuk mengukur tingkat hubungan yang singnifikan antara variabel (X) Manfaat Aplikasi TikTok dan variabel (Y) Kebutuhan Informasi Siswa Kelas 12 SMA Negeri 2 Kotapinang menggunakan analisis koefisien korelasi dengan taraf signifikansi 5% (0,05) pada aplikasi SPSS (Statistical Product and Solutions) versi 26.0. Uji normalitas pada kedua variabel adalah terdistribusi normal. Hal ini dibuktikan jika nilai signifikansi > 0,05 maka nilai residual terdistribusi normal, yaitu hasil signifikansi dari uji normalitas sebesar 0,200 di mana hasil tersebut lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa uji test normalitas dalam penelitian ini adalah terdistribusi normal. Dari hasil penelitian dapat dibuktikan uji hipotesis tabel 4.29 diatas, hasil regresi linear sederhana pada tabel di atas H0 ditolak jika < 0,05. Nilai signifikansi dari tabel sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi bahwa pemanfaatan aplikasi tiktok berpengaruh dengan kebutuhan informasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...